Asuransi Terbaik, Terbagus dan Terpercaya

Mitra Sejati dalam Hidup Anda

JA slide show
Asuransi Kesehatan Terbaik: Allianz vs AXA vs Cigna vs Manulife Print E-mail
User Rating: / 11
PoorBest 

healthinsurance7Hari Gini belum memiliki asuransi kesehatan, itu adalah kebijakan keuangan terburuk pada situasi dan kondisi saat ini dimana banyak yang tidak menentu pada masa depan.

Atau berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri, satu hal yang perlu segera ditangani adalah soal biaya kesehatan. Bagaimana dengan biaya tidak pasti jika ada anggota keluarga yang sakit pasti membutuhkan biaya yang besar. Alangkan bijaksanyana ketidak pastian keuangan ini kita bayar dengan uang pasti yang sedikit. Karena prinsip asuransi adalah membayar uang kecil untuk membayar uang besar.

Karena saya pernah menjual berbagai produk asuransi kesehatan atau bergumu dan bergaul dengan teman-teman pemasar Asuransi maka akan sangat mudah bagi saya memahami benang merah dari setiap produk Asuransi kesehatan Rawat Inap. Dengan maksud itu, review dilakukan atas tawaran dari empat perusahaan asuransi terkemuka, yaitu asuransi kesehatan Allianz, asuransi kesehatan AXA General, asuransi kesehatan Manulife dan  asuransi kesehatan Cigna. Keempatnya merupakan provider cukup ternama dan memiliki jaringan kerjasama rumah sakit yang termasuk paling luas. Masing –masing kita lihat dan bandingkan manfaat dan preminya satu dengan lainnya.

Asuransi kesehatan Rawat inap adalah asuransi proteksi keuangan yang diganti dengan perawatan atas diri anda di Rumah sakit yang diakibatkan oleh sakit atau penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau kecelakaan. Besarnya pengantian atau proteksi sesuai dengan batasan benefit yang anda rencanakan atau ambil (sesuai polis yang berlaku).

Asuransi kesehatan Rawat ini ini berbeda dengan asuransi penyakit kritis sebab Asuransi penyakit kritis memberikan Uang Pertanggungan Tunai jika menderita cukup 1 jenis penyakit kritis tertentu secara lump-sum (ada Perusahaan asuransi yang memberikan secara bertahap, ini sebaiknya di hindari)

Cashless

Sistem Cashless, penggantian klaim secara real time pada saat itu juga sehingga anda sudah dijamin pada saat masuk Rumah Sakit sehingga anda tidak mengeluarkan dana / uang baik diawal atau akhir sesuai dengan benefit yang anda miliki.

Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Kartu kredit namun di geseknya di muka pada jaringan Rumah sakit si Asuransi tsb. Jadi pada saat anda masuk kartu akan di gesek diawal sehingga akan terbukanya data serta manfaat yang anda terima. Pada akhir di RS anda cukup tanda tangan saja.

Reimbursment

Penggantian manfaat diganti dengan biaya yang wajar setelah anda selesai dirawat. Jadi anda membayar dahulu baru klaim kemudian. Hindari sistem ini karena biasanya ada selisih yang tidak dibayarkan karena satu dan lain hal yang umumnya ada tindakan atau obat-obatan / vitamin diluar aturan dasar si perusahaan asuransi. Maklumlah namanya juga Rumah sakit pasti ingging mencari lebih dan ini wajar dalam berbisnis. Jadi hindarai sistem Reimbursment ini

Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Setiap Perusahaan asuransi memiliki jaringan yang berbeda satu dengan lainnya. Ada yang cuma terdaftar 80 RS atau 400 RS di seluruh Indonesia. Dengan jaringan yang semakin luas / Banyak maka akan memudahkan anda melakukan klaim asuransi Kesehatan Rawat Inap secara cashless dengan asuransi yang anda pilih.

Plafond and Premi sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Jenis plafond atau manfaat / benefit Asuransi Kesehatan Rawat Inap umumnya menganut 2 sistem. Pertama adalah Sesuai Tagihan dan yang kedua adalah inner limit. Yang paling banyak adalah inner limit dimana setiap tindakan mempunyai batasan maksimal plafond.  Jika skema manfaat yang diambil lebih rendah, maka pada saat dirawat  Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi kesehatan.

Tentu saja, tingginya plafond berhubungan lurus dengan besarnya premi. Makin mahal harga kamar rumah sakit, makin besar preminya. Sesuaikan premi dengan kemampuan keuangan, jangan malah memberatkan keuangan Anda. Harus siap trade-off antara premi dan plafond. Meskipun seringkali tidak mudah, karena soal kesehatan, misalnya pemilihan kamar rumah sakit, orang lebih emosional dan cenderung ingin nyaman serta bagus, yang implikasinya harga kamar yang mahal.

Asuransi Kesehatan Murni vs Asuransi dengan Investasi

Pilihlah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri atau asuransi murni, bukan merupakan rider asuransi jiwa unit-link. Kenapa? Mahal. Dalam unit-link, premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan baru asuransi kesehatan. Porsi untuk kesehatan menjadi kecil, sehingga Anda harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan plafond lebih tinggi.

Namun jika anda yang dicari adalah kemudahan dan memiliki dana cukup maka saya sarankan adalah ambil jangka waktu bayar premi yang cepat mulai dari 3, 5 dan umumnya 10  tahun. Atau ambilah yang model 1x bayar saja pada unit link / Tabungan proteksi

Dalam asuransi murni akan banyak tawaran menarik untuk program keluarga mulai dari 5% sd 50 % untuk tambahan anak. Ini tidak anda dapatkan pada Asuransi unit link

Kelemahan Asuransi Rawat Inap Murni tidak ada yang menjamin premi naik jika klaim tinggi kelak. Ini berlaku Umum dan nasional.

Prioritaskan Rawat Inap

Biaya kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Sebaiknya utamakan Rawat Inap karena lebih ekonomis namun jika anda memilki dana cukup silahkan untuk mengambil Asuransi Kesehatan Rawat Jalan sebagai asuransi tambahan atau rider.

Tanpa Limit per Perawatan

Terdapat limit atau plafond yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan. Umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, pertama adalah limit gabungan (biasanya dikenal dengan Sesuai Tagihan) semua perawatan dan kedua adalah limit per perawatan (biasanya dikenal dengan Inner Limit sebagian besar Perusahaan Asuransi memakai ini) . Misalnya, limit pertama membatasi gabungan semua biaya perawatan Rp 250 juta dalam setahun, sementara limit kedua membatasi biaya perawatan bedah Rp 10 juta setahun kecil, biaya konsultasi Rp 10 juta setahun dan seterusnya.

Yang paling ideal adalah "Sesuai Tagihan" tentunya jadi hanya kamar yang dibatasi namun untuk yang lain digabung menjadi 250 jt per tahun misalnya.

Cara Bayar "Perhatikan Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit"

Metode ini lebih praktis Meskipun sepertinya memudahkan dan biasanya premi dibayar bulanan (jadinya terlihat lebih ringan), harap hati – hati melakukan pembayaran dengan auto-debit kartu kredit. Namun ada bunga yang besar dalam pemakaian kartu kredit yang perlu anda waspadai.

Jika terpaksa menggunakan metode kartu kredit karena asuransi tidak menyediakan alternatif pembayaran lain, pastikan Anda tahu kapan pembayaran dimulai dan bagaimana prosesnya jika ingin berhenti.

Hindari Mengambil Asuransi Kesehatan via Telpon

Tawaran asuransi kesehatan lewat tele-marketing mulai jamak bermunculan. Biasanya bekerjasama dengan penerbit kartu kredit, perbankan atau jasa keuangan lain.  Terkait produk yang cukup kompleks, seperti asuransi ini, sebaiknya renungkan, analisa dan jika sempat lakukan riset, sebelum mengambil keputusan. Karenanya,

Saya tidak sarankan anda membeli lewat Tele Marketing atau lewat layanan Perbankkan karena dengan harga yang sama seharusnya anda bisa mendapatkan layana lebih. Jika anda membeli lewat Tele marketing / perbankkan maka anda hanya akan dilayani oleh CS dan CS ini pun setiap anda berurusan umumnya berganti ganti apalagi saat ada telp. Namun akan lebih cepat jika anda memembeli lewat agen Karena pada saat anda klaim bermasalah maka agen akan lebih cepat penyelesaiannya (khsususnya agen di kantor pusat) karena mereka tahu penyelesaiannya ke maka dan bagaimana. Secara jam terbang agen lebih mumpuni serta pengalaman yang komplex.

Masa Tunggu Penyakit

Asuransi kesehatan mensyaratkan masa tunggu, pertama dan ke dua. Di beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Misalnya, Cigna menetapkan penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian, yaitu asthma; TBC (Tuberculosis); batu ginjal, saluran kemih dan kandung kemih; darah tinggi (hipertensi), jantung dan pembuluh darah; Kencing manis (Diabetes Mellitus); Vertigo; dan lain – lain. Tanyakan ke pihak asuransi penyakit apa yang masuk masa tunggu dan berapa lama.

Asuransi Kesehatan tidak cover untuk penyakit / luka yang ada sebelumnya itu lah sebabnya ada masa tunggu 1 tahun untuk menghindari permasalah ini dan ini adalah umum di semua asuransi.

Batas Maksimal Premi

Ada 2 jenis batas maksimal premi yang dianut dalam asuransi kesehatan rawat inap.

sesuai dengan tabel, premi ini akan tetap sesuai tabel walaupun pemakaian anda sudah maksimal

disesuaikan dengan klaim, dengan menganut ratio 65 % (umumnya) maka jika klaim anda lebih dari 65% premi maka di tahun berikutnya akan disesuaikan. Ini biasanya dianut oleh asuransi Kesehatan Kumpulan / Group / Kantor / Karyawan. Namun ada juga asuransi Individu / keluarga yang menganut sistem ini dan biasanya premi awalnya akan sangat murah.

Bahayanya jika klaim anda tinggi sekali (misalnya sakit jantung) maka setiap tahun akan naik disesuaikan dengan klaim ratio yang dianut. Sayangnya ini semau dianut oleh asuransi Kesehatan Rawat Inap kita.

Kontrak berjangka

Dipasaran sudah mulai dianut sistem kontrak berjangka misalnya saja 5 atau 10 tahun dimana jika anda tidak ada  kliam maka dana anda akan dikembalikan bahkan ada yang 100 %. ini sangat mengiurkan namun dibalik ini bagaimana jika anda banyak klaim atau dalam jangka waktu kontrak sakit jantung. Maka dana anda tidak kembali (seperti asuransi murni biasa) bahkan yang paling anda harus pikirkan adalah jika kontrak habis maka belum tentu mereka mau memperpanjang lagi dan otomatis Perusahaan lain juga sudah tidak mau memproteksi anda.

Karena asas asuransi kesehatan adalah penyakit/luka yang sudah ada sebelumnya tidak tercover apalagi penyakit kritis atau permanen.

Hindari asuransi kesehatan model berjangka atau kontrak ini. sangat riskan pada kemudian hari.

Memilih Asuransi Kesehatan Rawat Inap


Program asuransi kesehatan keluarga yang saya ajukan adalah 3 anggota keluarga, suami (usia 41 tahun), istri (usia 41 tahun) dan anak perempuan (usia 5 tahun). Biaya kamar rawat inap adalah Rp 750,000 per hari. Manfaat dari masing – masing asuransi tersaji di tabel di bawah ini (dapat berubah tanpa ada update, mohon maklum, krn data disesuaikan pada saat penulisan artikel)

 komparasi asuransi kesehatan

ALLIANZ

Total premi setahun adalah Rp 11,250,000 untuk rawat inap. Yang menarik, batasan rawat inap di kamar seharga Rp 750,000 mencapai 180 hari setahun, termasuk paling tinggi diantara yang lain. Namun Allianz menerapkan limit per perawatan yang bervariasi tergantung jenis perawatannya atau inner limit. Sementara, batasan limit total setahu untuk gabungan perawatan tidak ada. Sistem cashless. Program diskon adalah

  1. paket keluarga dgn 3 anggota (ayah, ibu dan anak) sebesar 5%
  2. Jika tidak ada klaim maka potongan 20%
  3. Jika memiliki Asuransi Jiwa Unit Link dapat potongan 10 %
  4. jadi total Diskon 35% (sesuai syarat dan ketentuan)

(Sesuai dengan perhitungan pada saat artikel dibuat yang mungkin dapat berubah sesuai ketentuan Asuransi Berasal)

AXA

Total premi setahun adalah Rp 12,674,000 untuk rawat inap. Meskipun lebih mahal diantara yang lain, AXA tidak menerapkan limit per perawatan Sesuai tagihan dengan batas tahunan. Perawatan dibayar sesuai kwitansi, yang dibatasi limit gabungan perawatan sebesar Rp 80 juta setahun. Terdapat total limit gabungan setahun yang senilai Rp 250,000,000 per orang. Rawat inap dengan kamar seharga Rp 750,000 per hari maksimum hanya 60 hari setahun, lebih sedikit dari Allianz. Sistem cashless.

Program diskon disini sangat menarik karena khusus untuk anak ke 3 dst cukup membayar premi 50% saja dan ini berlaku seterusnya (*)

Masa tunggu pertama AXA adalah yang paling cepat cuma 1 bulan sedangkan umumnya asuransi kesehatan Rawat inap lain adalah 90 hari atau 3 bulan.

Asuransi kesehatan yang dibahas ini disediakan oleh AXA General Insurance, bukan oleh AXA Mandiri Financial Services and AXA Financial Indonesia.

(Sesuai dengan perhitungan pada saat artikel dibuat yang mungkin dapat berubah sesuai ketentuan Asuransi Berasal)

CIGNA

Cigna baru meluncurkan asuransi kesehatan keluarga, yaitu Family EaziCare. Premi ditentukan oleh berapa santunan per hari dan usia paling tua. Misalnya dalam contoh ini, santunan per hari Rp 800,000 dan usia tertua 41 tahun, maka premi per bulan adalah Rp 716,600 (detil lihat di premi Cigna) atau setahun Rp 8.599.200 untuk maksimum lima orang anggota. Terlihat preminya relatif murah, apalagi bisa memberikan pertanggungan sampai lima orang anggota keluarga.

Namun, bentuk manfaatnya agak berbeda, yaitu santunan tunai dan reimbursment. Saat dirawat, santunan per hari diberikan lump-sum, misalnya Rp 800 ribu, selama maksimum 60 hari, tidak peduli berapa biaya kamar dan biaya perawatan yang sebenarnya dikeluarkan.

Premi asuransi ini memang murah namun sesuai dengan benefit yang diterima juga kecil.

(Sesuai dengan perhitungan pada saat artikel dibuat yang mungkin dapat berubah sesuai ketentuan Asuransi Berasal)

MANULIFE

Asuransi kesehatan ini merupakan rider atau tambahan dari asuransi jiwa term-life (Hospital Benefit Plus). Meskipun bukan asuransi kesehatan murni, program ini punya manfaat yang menarik, tidak kalah dengan asuransi murni. Total premi setahun adalah Rp 9,854,000 untuk rawat inap. Selain preminya lebih murah dari Allianz dan AXA, biaya kamar yang ditanggung juga lebih tinggi, yaitu Rp 800,000 per hari dengan maksimum rawat inap 60 hari setahun. Namun, Manulife menerapkan limit per perawatan yang relatif rendah, meskipun tidak ada batasan limit gabungan setahun.

Manulife memberikan dua manfaat sekaligus, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Manfaat asuransi jiwa disini bukan unit-link karena tidak ada unsur investasinya. Selain proteksi biaya kesehatan, Anda mendapatkan proteksi asuransi jiwa senilai Rp 600,000,000. Kita tahu bahwa beberapa asuransi kesehatan lain juga memberikan santunan jika tertanggung meninggal dunia. Namun jumlahnya kecil. Tidak ada yang sebesar pertanggungan yang diberikan Manulife.
Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik

Jika kita bandingkan dengan produk Allianz jiwa unit link dengan Rider Asuransi kesehatan rawat inap, maka manfaat yang diberikan Allianz lebih baik dengan adanya pertanggungan atas dialisa dan kemo didalam skema benefit nya.

Keempatnya menerapkan sistem cashless, merupakan asuransi kesehatan keluarga dengan fasilitas rawat inap dan bukan bagian dari unit-link. Jadi untuk kriteria ini, semuanya cukup baik.

(Sesuai dengan perhitungan pada saat artikel dibuat yang mungkin dapat berubah sesuai ketentuan Asuransi Berasal)

Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik

Sampailah kita dalam kesimpulan dari Keempatnya menerapkan sistem cashless, merupakan asuransi kesehatan keluarga dengan fasilitas rawat inap

Plafond / Manfaat

AXA General adalah yang  paling ideal karena limit perawatan yang cukup besar dengan satu limit (limit tidak dipecah – pecah per perawatan), sementara yang lain menerapkan limit yang berbeda – beda untuk tiap perawatan atau inner limit. Allianz dan Manulife tidak ada limit total per tahun namun membatasi dengan limit per perawatan per tahun. Untuk Manulife, karena memberikan tambahan pertanggungan asuransi jiwa, kita bisa mengurangi pertanggungan asuransi jiwa yang sudah kita punya dan menggunakan kelebihan preminya untuk meningkatkan premi asuransi kesehatan. Cigna membatasi baik dengan limit per perawatan maupun limit total. Dari sisi plafond, Cigna yang paling kecil karena memberikannya dalam bentuk santunan tunai, yang tidak mengganti sesuai biaya rawat inap dan biaya dokter.

Premi

Yang paling murah adalah Cigna karena selain jumlah preminya paling kecil, dengan premi serendah itu pertanggungan bisa mencapai 5 orang anggota keluarga (2 orang tua dan 3 anak). Sementara, asuransi lain, preminya lebih mahal, itupun hanya untuk 3 anggota keluarga (lebih banyak anggota, premi lebih tinggi lagi).

Namun jika kita memilih secara gabungan untuk kedepan tentu saja AXA dan Allianz yang menarik dari semua segi hanya tinggal anda yang tentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda. Karena masa depan sebenarnya ada pada kebijakan anda sebagai pengelola atau anggota inti keluarga.

Jaringan Rumah Sakit

Semua memiliki kerja sama yang luas namun dari segi jumlah maka AXA General adalah yang paling banyak yaitu lebih dari 300 RS di seluruh Indonesia.

Jika anda membutuhkan Proteksi Asuransi kesehatan Rawat Inap anda dapat menghubungi saya atau jika manfaat ini dirasakan kurang karena tidak mencover organ implementasi atau Cashless di Luar Negeri silahkan menghubungi saya.

(*) sesuai dengan ketentuan polis pada masing masing asuransi

di sesuaikan dengap pertanggungan masing masing asuransi pada saat artikel dibuat

Jika Anda masih Ragu dan kenapa musti ragu dari yang terbaik

Cara mudah mendapatkan solusi Hidup

 Download Data Calon Nasabah, kirimkan melalui email kami dengan format doc (word) dengan merubah nama Anda pada Nama file tersebut.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Sekarang Juga

Person  : M. Hadi Wijayaningrat
              Agen Asuransi Online
 
Agent Office
Perkantoran Pemda DKI
Lantai 2, Sisi Barat
Lebak Bulus
Jakarta - Indonesia
Telp       021 4030 8 999
HP:        0815 84 15 3838
              0813 840 38848
email:
   hadi at satuasuransi.com
 

Asuransi Travel International

http://asuransitravelonline.com/images/image/icon/asuransi-travel-international-axa.jpg

Diskon 10% All Item

Our Staff

M. Hadi Wijaningrat
Leader
Lisence: AAUI - AAJI
Sample image Rahmat Rio
Support
Sample image M. Yunus
Staff

Who's Online

We have 51 guests online

Dibawah Pengawasan

Banner
Banner
Banner

Pembayaran Premi

Banner
Banner
Banner

You are here: Home Asuransi Kesehatan Asuransi Kesehatan Terbaik: Allianz vs AXA vs Cigna vs Manulife

butuhasuransimobil

 

Asuransi Pendidikan

Dapatkan Asuransi pendidikan terbaik dan Termurah (Klik)

Asuransu Pom Bensin SPBU
asuransi-pom-bensin-spbu

Asuransi Jiwa Syariah Terbaik Indonesia